Senin, 24 Oktober 2016

Pengertian Cloud Computing, Jenis, Cara Kerja, Keuntungan dan Kerugian

Spesifikasi Komputer UNBK : hay berjumpa lagi dengan saya di blogspot.com. kali ini saya akan menjelaskan tentang cloud computing dan semua yang ada didalamnya.

sebagian dari kalian mungkin sudah tau apa itu cloud computing, nah kali ini saya mau jelasin untuk kalian yang belum mengenal dengan cloud computing. untuk lebih lanjut silahkan kalian baca artikel yang saya buat kali ini..




Penggunaan Cloud Computing mulai diterapkan karena komputasi berbasis cloud dinilai memberikan kemudahan dan keuntungan dimana pengguna bisa saja hanya menginstal sistem operasi pada komputernya dan dengan terhubung ke internet maka dia sudah menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa terlebih dahulu menginstalnya di komputernya sendiri.

untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan apa itu cloud computing, manfaat cloud computing, cara kerja, keuntungan serta beberapa kerugian menggunakan cloud computing.

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing atau komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet.

Pada teknologi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server. Pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada di server tersebut.

Dengan adanya cloud computing kalian hanya perlu komputer dan perangkat jaringan internet untuk bisa terhubung ke jaringan internet dan menyimpan data di komputer server tanpa harus menyediakan hardisk.. begitu juga dengan aplikasi yang ada di komputer anda katakanlah seperti microsoft Office, Excel dan lain sebagainya.. pengguna bisa menjalankan aplikasi tersebut diserver internet sehingga tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi tersebut di komputer anda sendiri.

Jenis-jenis Cloud Computing

1. Software as a service (saas)
layanan software ini adalah layanan yang menyediakan aplikasi siap pakai yang ditujukan kepada pengguna akhir. disini user tidak perlu membuat aplikasi ataupun infrastruktur. Contoh dari layanan ini seperti gmail, ymail, twitter, facebook disini user tidak perlu repot-repot membuat aplikasi.

2. Platform as a service (paas)
layanan ini menyewakan tempat untuk menjalankan aplikasi dari pengguna.layanan ini bisa saja seperti penyediaan database, sistem operasi, framework yang merupakan platform untuk menjalankan sebuah aplikasi.
sebagai contoh : layanan ini adalah seperti windows azure, amazon web service, google app engine dll.

3. Infrastrukturv as a service (iaas)
infrastruktur ini adalah layanan yang menyediakan infrastruktur IT kepada pengguna akhir dimana layanan tersebut dibangun berbasis cloud. Infrastruktur tersebvut bisa bersifat fisik seperti hardisk, memory, jenis server dan sebagainya.
contoh dari layanan ini seperti Amazon EC2, Rackspace cloud dll.

Cara Kerja Cloud Computing

Sistem Cloud Compusing atau komputasi berbasis awab bekerja dengan menggunakan server yang bekerja dengan menggunakan server yang bekerja secara online terus menerus di jaringan internet. Di komputer server inilah semua data akan disimpan begitu juga dengan aplikasi, semua diinstal dikomputer server  sehingga pihak pengguna siap pakai saja.

pengguna yang ingin mengakses server tersebut baik untuk keperluan membuka, menyimpan, dan menjalankan sebuah program, maka pertama user harus melakukan login terlebih dahulu kemudian setelah login berhasil barulah pengguna bisa menggunakan resource server cloud seperti menjalankan suatu program tanpa perlu menginstalnya dikomputer sendiri dan juga untuk menyimpan data.

Masalah Dari Cloud Computing

1. keamanan data
2. privacy
3. Rawan Menyusup
4. Server Down

Keuntungan Menggunakan Cloud Computing

1. efisiensi penggunaan memory
2. Fleksibilitas
3. Skalabilitas

Kerugian Menggunakan Cloud Computing

1. Pengguna harus terhubung ke internet
2. Biaya Untuk Penyedia Server Cloud

Nah itu dia guys penjelasan seputar Cloud Computing semoga bermanfaat ya buat kalian yang mau menggunakan Cloud Computing.. sampai jumpa lagi dengan artikel-artikel berikutnya ya guys.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar