Rabu, 28 Februari 2018

Trik Menentukan Model Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaSaat memulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal hal yang demikian dapat menjadi suatu elemen prioritas yang mempertimbangkan keberhasilan usaha Anda di masa yang akan datang. Menurut yang semestinya dipikirkan pertama kali sebelum memilih jenis server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan rumit, menengah, atau cuma dipakai untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat menentukan model server yang tepat untuk bisnis  Anda.

Trik Menentukan Model Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini biasanya diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak digunakan sebab formatnya yang tidak memakan tempat dan mudah dipasangkan pada rak server.
Macam server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas user computer antara 20 hingga seratus orang dapat memilih server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih baik dibandingikan dengan server model entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai daya back up untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini bisa melaksanakan sebagian tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang metode pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga dapat meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, walaupun begitu server model ini mempunyai kelebihan tersendiri kalau dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan tipe ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu mengaplikasikan suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini cocok untuk bisnis kelas menengah ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman kabar, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan macam server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari seribu pemakai yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun televisi, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisi komputer. Server model ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan cara pendingin ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang pas akan berdampak pada performa bisnis, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak menampung kerja pemakai atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar