Rabu, 28 Februari 2018

Kisi-kisi Menentukan Model Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Harga Rack Server 20uSaat memulai merintis bisnis startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut bisa menjadi suatu elemen penting yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Berdasarkan yang semestinya dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih tipe server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diterapkan untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau hanya diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat memastikan macam server yang cocok untuk usaha  Anda.

Kisi-kisi Menentukan Model Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Sekarang ini keperluannya, model server dibagi ke dalam empat kategori, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diterapkan karena formatnya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Tipe server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan jumlah pengguna pc antara 20 sampai seratus orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus jika dibandingkan server model entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan suplai tenaga back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menangani beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang sistem pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga dapat menampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih besar. Sebagian, server model ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meski demikian server jenis ini mempunyai keistimewaan tersendiri jikalau dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini mampu memakai suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini cocok untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, situs informasi, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan macam server paling tinggi. Server ini bisa menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang maksimal agar server dapat berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berimbas pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan pemakai atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar