Jumat, 16 Maret 2018

Kisi-kisi Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

PC Server TerbaikPada saat mulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal ini dapat menjadi suatu elemen utama yang memutuskan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang patut dipikirkan pertama kali sebelum pilih jenis server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan diaplikasikan untuk keperluan high, sedang, atau sebatas diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat menentukan macam server yang cocok untuk jasa  Anda.

Kisi-kisi Menentukan Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Sekarang ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat kategori, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kesanggupan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server macam ini biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak dipakai karena bentuknya yang tidak memakan tempat dan gampang ditaruh pada rak server.
Jenis server ini amat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah user computer antara 20 hingga 100 orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server model entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa melakukan sebagian tugas secara bersamaan. Server ini mampu melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, membatasi metode pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa simpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan pesat. Beberapa, server macam ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri jikalau dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan macam ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini tepat untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs kabar, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah macam server tertinggi. Server ini mampu menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini umumnya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server tipe ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server bisa berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang lumayan signifikan bagi bisnis yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang tepat akan berakibat pada daya kerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berdampak buruk, bisa berupa server yang tidak bisa mengakomodasi pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi secara keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar